Ciri Anak Autisme

Ciri Anak Autisme – Anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti anak autis membutuhkan cara penanganan khusus. Orang tua dan pendidik perlu informasi yang memadai bagaimana mengenal gangguan pada anak-anak sedini mungkin sekaligus bagaimana cara menanganina yang tepat. Setiap orang tua pasti memiliki harapan dan impian bahwa anknya terlahir dengan fisik dan mental yang normal, bahkan memiliki bakat yang melebihi anak lainnya. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab autis.

Ciri Anak Autisme

Ciri Anak Autisme

CIRI ANAK AUTISME

Ciri Anak Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan yang menuunjukkan adanya sindrom periilaku yaitu : interaksi sosial dan perkembangan sosial abnormal, tidak mampu mengadakan komunikasi yang normal, minta serta aktivitasnya sangat terbatas, kaku, repetitif, dan tanpa imajinasi.

Beberapa Ciri Anak Autisme perilaku yang nampak pada anak yang mengalami gangguan autisme antara lain :

  1. Dalam bidang penginderaan anak-anak ini menunjukkan respon yang tidak wajar. Ada yang tampak beigut menikmati jatuhnya sinar matahari dari balik jendela, ada yang sibuk memutar-mutar benda bulat di depannya selama berjam-jam.
  2. Anak autis yang biasanya cenderung mengekplorasi lingkungannya melalui indera peraba, pengecapan dan pembauan seperti anak-anak kecil di bawah usianya. Setiap kali memegang benda, anak uatis cenderung mencium baunya terlebih dahulu.
  3. Anak autis menunjukkan kurang sekali kontak mata dengan orang lain yang biasanya disertai dengan perilaku yang tidak wajar lainnya seperti tertarik dengan sinar atau benda gemerlap.
  4. Beberapa anak autis bahkan tidak pernah berbicara walau mereka mengeluarkan suara-suara. Suara-suara yang dikeluarkan oleh anak autis itu tidak jelas dan biasanya berupa teriak-teriakan.
  5. Anak-anak penyandang autisme tidak mampu memahami makna bahasa tubuh atau bahasa non verbal dalam komunukasi.
  6. Ciri Anak AutismeĀ juga kurang memahami emosi orang lain dan dapat dikatkaan dengan kurang peka atau kurang berperasaan.
  7. Suka melambaikan tangan, berjalan berjingkat, goyang-goyang tubuh dengan ekspresi wajah yang aneh, badannya sangat kaku, kadnag badannya berputar-putar tanpa merasa pusing.

INDIKATOR PERILAKU AUTIS

Untuk dapat melakukan deteksi dini pada Ciri Anak Autisme, maka berikut ini secara ringkas diungkapkan mengenai indikator perilaku autistik pada anak-anak yang dapat dipergunakan pada segala usia.

Bahasa/komunikasi ciri anak autisĀ  :

  1. Ekpresi wajah yang datar
  2. Tidak menggunakan bahasa/isyarat tubuh
  3. Jarang memulai komunikasi
  4. Tidak meniru aksi atau suara
  5. Bicara sdikit atau tak ada atau mungkin cukup verbal
  6. Mengulangi atau membeo kata-kata, kalimat-kalimat atau nyanyian
  7. Intonasi/ritme vokal yang aneh
  8. Tampak tidak mengerti arti kata
  9. Mengerti dan menggunakan kata secara terbatas/harafiah

Ciri anak autis berkomunikasi dengan orang lain :

  1. Tidak responsif
  2. Tak ada senyum sosial
  3. Tidak berkomunikasi dengan mata
  4. Kontak mata terbatas
  5. Tampak asyik bila dibiarkan sendiri
  6. Tidak melakukan permainan giliran
  7. Menggunakan tangan orang dewasa sebagai alat

Autisme untuk anak-anak dengan kemampuan yang lebih baik atau merupakan sindrom tersendiri. Gejala dan Ciri Anak Autis dari asperger seringkali mirip dengan autisme. Perbandingannya adalah anak dengan asperger syndrome cenderung lebih mampu berbahasa dibandingkan mereka dengan kondisi autisme.

MENANGANI ANAK AUTIS

Dalam menangani ciri anak autis mengenai masalah perilaku sosial anak yang dinilai dari segi berkomunikasi adalah dengan terapi autis :

  1. Meningkatkan lingkungan yang bisa mendukung proses penanganan ciri anak autis
  2. Membantu menciptakan lingkungan agar masalah kesulitan pada perilaku sosial yang berkurang bisa dilaksanakan dengan cara mengembangkan alat peraga visual untuk membantu mendukung komunikasi terutama di fokuskan pada cara menyampaikan informasi. Metode dari pendidikan yang menyarankan untuk melakukan pengajaran rutinitas pada kegiatan dengan cara membuat jadwal dengan teratur.
  3. Mengembankan keterampilan alternatifnya
  4. Mengembangkan keterampilan alternatif untuk mengurangi perilaku yang tidak disukai. Hal ini juga berlaku untuk anak autis yang mempunyai masalah dalam gangguan verbal atau masalah non verbal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terlihat adanya suatu hubungan antara metode komunikasi verbal dan juga non verbal yang diberikan untuk anak yang menyandang masalah autis.

Pada setiap anak pasti mempunyai sensorik yang sangat berbeda. Pada anak autis mereka biasanya lebih sensitif oleh informasi yang masuk lewat beberapa hal misalnya lewat suara yang keras dan lewat regulasi diri yang kurang. Maka untuk membantu anak mengatasi masalah kebingungan, anak harus merasangan inderanya dengan baik. Di sekolah pada umumnya, anak akan belajar sekitar 5 indera. Indera rasa, bau, suara, penglihatan serta sentuhan. Namun yang paling penting dalam mengajarkan anak autis adalah vestibular, yang bisa membantu mengontrol keseimbangan, dan juga proprioceptif atau juga rasa tubuh seseorang di dalam ruang, dan pada dasarnya ciri anak autis mempunyai perbedaan pada setiap anak, beberapa indera yang teerlalu banyak, yang terlalu sedikit dan mengalami gangguan serta rasa sakit.

Ciri Anak Autisme


=====================================

>>> VitaBrain Suplemen Vitamin Otak, Bagus Untuk Perkembangan Anak Autis, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri Anak Autis and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *